Istilah-istilah Baru dalam DAPODIK V 2016

Cubluk dengan tutup begitu salah satu kalimat pilihan dalam pengisian tipe jamban pada SANITASI SEKOLAH pada tab  sekolah aplikasi DAPODIK G5. Sebagian Teman OPS ada yang belum mengerti beberapa istilah yang ada dalam aplikasi itu. Karena memang jarang terdengar atau memang di daerahnya tidak ada istilah tersebut atau juga namanya lain. Perlu pemahaman OPS dalam memahami beberapa isian tersebut. Ada yang mencari lewat mbah google ataupun tanya sana sini pada teman OPS yang lain. 

ebooks Panduan penggunaan aplikasi DAPODIK

Berikut ini salah satu penjelasan tentang tipe jamban yang ada dalam aplikasi dapodik, mulai dari jamban leher angsa, cubluk dengan tutup, cubluk tanpa tutup dan jamban menggantung di atas sungai. Dalam penjelasan di APLIKASI DAPODIK G5 tentang PEDOMAN TABEL SANITASI tertulis  

Pilih jenis pembuangan yang dimiliki oleh jamban sekolah. Jamban leher angsa umumnya terdiri dari dua jenis landasan, duduk dan jongkok, serta terbuat dari keramik. Cubluk adalah lubang galian yang akan menampung limbah jamban. Yang dimaksud jamban berjenis cubluk adalah jamban yang memiliki lubang pembuangan langsung ke dalam cubluk.

semoga teman OPS bisa lebih mudah memilih tipe jamban yang ada di sekolah.

Masih kebingungan dengan istilah yang lain?.. tunggu penjelasan berikutnya