Download Alat Peraga MIPA SD

alat peraga
Kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini disebabkan karena siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung. Kebosanan siswa ini berkaitan metode mengajar guru yang monoton. Permasalahan seperti ini jika dibiarkan akan mempengaruhi konsentrasi siswa dalam mempelajari materi, dengan kata lain siswa tidak akan dapat menerima pelajaran dengan maksimal.

Jika diberikan pertanyaan yang membuat siswa berpikir, pertanyaan sering tidak dijawab. Hal ini disebabkan karena jika siswa tidak menjawab pertanyaan guru, guru tidak memberikan tuntunan tetapi terus melanjutkan pelajaran. Hal ini harus dihindari oleh guru, sebab jika dibiarkan berlarut-larut siswa tidak merasa tertantang untuk menjawab setiap pertanyaan guru karena dianggap oleh siswa meskipun tidak menjawab pertanyaan guru tidak ada konsekuensinya.

Penjelasan guru terlalu cepat, pemahaman siswa terhadap materi tergantung dari cara guru dalam menjelaskan materi yang diajarkan. Jika guru dalam menjelaskan materi ini terlalu cepat maka siswa tidak akan mampu menyerap apa yang disampaikan guru.

Pengelolaan kelas yang di lakukan guru kurang mendukung kegiatan pembelajaran. Suasana belajar yang dapat memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sangat ditentukan oleh cara guru dalam mengelola kelas. Jika suasana kelas tidak menyenangkan bagi siswa, akan sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa.


Untuk mengatasi segala persoalan tersebut di atas, admin merumuskan alternatif pemecahannya sebagai berikut:
  1. Guru memberikan bimbingan dan penjelasan secara pelan-pelan, sehingga siswa dapat mengikuti dan memahami setiap tahap penjelasan materi yang diberikan. 
  2. Guru menggunakan metode diskusi diselingi permainan, hal ini dimaksudkan agar siswa tidak mudah jenuh atau bosan dalam pembelajaran. Sehingga siswa akan dapat lebih memahami materi yang ia pelajari. 
  3. Guru memperbanyak contoh-contoh, agar siswa memahami apa yang dijelaskan guru dan terbiasa dalam menyelesaikan masalah. 
  4. Guru menggunakan media interaktif yang dibuat oleh siswa dengan bimbingan guru dengan menggunakan bahan-bahan bekas 
Berikut ini Admin ingin berbagi beberapa file yang dapat diunduh yang saya dapatkan dari P.Haryono SDN Asemrudung yaitu file Alat Peraga VIDEO dan GAMBAR, serta beberapa media POWERPOINT yang amat berguna untuk memperlancar dan membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Semua file tersebut di compres pada aplikasi RAR dikarenakan filenya lumayan besar. Silakan unduh di sini