Bank Soal dan Jawaban PLPG Sertifikasi 2016

Sertifikasi 2016 sudah mulai tahap pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG), beberapa guru yang terjaring sertifikasi 2016 insyaAllah mulai tanggal 6 Oktober sudah mulai mengikutinya. Berbagai tempat telah disediakan untuk kegiatan ini. Dalam menghadapi kegiatan tersebut perlu saya unggah bank soal yang disertai dengan jawaban dan uraian materinya.
bank soal plpg 2016

misalnya soalnya sebagai berikut
Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a. penampilan
b. pekerjaan
c. sekolah 
d. status

Uraian materinya
Menurut Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, dsb. Dalam proses pembelajaran, Bahasa Indonesia ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai, berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik. Dengan demikian, bahan pelajaran yang menarik tersebut dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap sekolah. Minat anak terhadap sekolah secara positif cenderung mempengaruhi sikap dan minat anak terhadap sekolah.

Referensi
Hurlock, Elizabeth B, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi kelima, Alihbahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo, (1980) Jakarta: Erlangga

 unduh Bank Soal dan Jawaban PLPG Sertifikasi 2016