Unduh Silabus Diklat Moda Tatap Muka Modul A Kelas Awal

guru pembelajar
Guru Pembelajar terbagi menjadi tiga moda yaitu moda daring, moda daring kombinasi dan tatap muka. Untuk moda tatap muka sampai saat ini masih digodok di Jakarta. Mengenai modul yang harus dipelajari para guiru Sama dengan Modul yang di moda lainnya. Kali ini admin akan mengunggah dilabus moda tatap muka modul A. Modul  ini membahas perkembangan peserta didik; implikasi prinsip- prinsip perkembangannya terhadap pendidikan; karakteristik peserta didik dalam aspek potensi, fisik dan motorik, kemampuan intelektual, kecerdasan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral, kecerdasan spiritual dan pengembangannya melalui pembelajaran; serta identifikasi kemampuan awal dan kesulitan belajar dan cara menggunakan hasilnya dalam pembelajaran. 

Berikut adalah sekenario diklat moda tatap muka modul A PEDAGOGIK
Pengkondisian Peserta 
Fasilitator menjelaskan nama, tujuan, kompetensi, indikator, alokasi waktu, dan skenario kegiatan pembelajaran materi pelatihan Karakteritistik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik (KP3D)
Fasilitator memotivasi peserta, mengajak berdinamika agar saling mengenal, serius, semangat, dan bekerja sama saat proses pembelajaran berlangsung.

Diskusi tentang Identifikasi Karakteristik Peserta Didik dan Pengembangannya melalui Pembelajaran.
Penanyangan video/gambar tentang kasus-kasus karakteristik peserta didik
Curah pendapat pengalaman peserta diklat dalam pembelajaran terkait isu-isu karakteristik peserta didik dan pengembangannya melalui pembelajaran
Diskusi dan identifikasi apakah isu-isu yang terangkat masuk ruang lingkup kajian KP3D atau tidak

Juknis Diklat Guru pembelajar moda tatap muka

Tugas LK 1.1 s.d. 1.7
Kerja kelompok melaksanakan tugas LK 1.1 s.d. 1.7 yaitu membuat peta pikiran atau bagan tentang konsep topik 1 s.d. 7 dengan fokus kajian esensi dari masing-masing topik.
Setiap kelompok mengerjakan topik yang berbeda.
Presentasi hasil diskusi kelompok, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilanjutkan tanya jawab dengan kelompok lain dan penguatan dari fasilitator.

Tugas LK 2.1 s.d. 2.7
Kerja kelompok melaksanakan LK 2.1 s.d. 2.7 yaitu mengidentifikasi isu-isu terkait berbagai aspek karakteristik peserta didik dan pengembangannya, yang dihadapi peserta diklat di kelas yang mereka ampu. Setiap aspek karakteristik peserta didik diangkat oleh kelompok yang berbeda.
Memilih satu isu/kelompok yang akan didiskusikan dan dibuat alternatif solusi melalui pembelajaran. Presentasi hasil diskusi kelompok, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dilanjutkan tanya jawab dengan kelompok lain dan penguatan dari fasilitator.


AYOO belajar bareng peserta, instruktur nasional, mentor, admin serta pengampu guru pembelajar di sini

Kuis 
Mereviu materi pelatihan Karakteristik Peserta Didik Refleksi dan umpan balik tentang proses pembelajaran.

Fasilitator menutup pembelajaran

Kompetensi Guru
Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk krea tivitasnya.

 Indikator Keberhasilan diantaranya adalah
1.Menjelaskan tahapan perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik
2.Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembangan perilaku dan pribadi peserta didik terhadap pendidikan
 3.Menjelaskan berbagai aspek perkembangan peserta didik
4.Menentukan kegiatan untuk memfasilitasi variasi perkembangan peserta didik .

Unduh Silabus Diklat Moda Tatap Muka Modul A Kelas Awal

1.Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosi peserta didik
2.Membedakan ciri-ciri perilaku peserta didik yang memiliki kecerdasan emosi tinggi dengan rendah
3.Mengidentifikasi kecerdasan emosi peserta didik
4.Mendeskripsikan proses perkembangan aspek sosial peserta didik
5.Membedakan ciri-ciri perilaku sosial peserta didik antara yang berperilaku sosial baik dan kurang baik
6.Mengidentifikasi keterampilan perilaku sosial peserta didik
7.Menentukan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kecerdasan emosi dan keterampilan sosial peserta didik